Saat berkenalan dengan codeigniter

28 April 2010

Setelah hampir sekian lama saya bermain-main dengan bahasa scripting PHP untuk membangun aplikasi berbasiskan web, maka pada saat ini saya mulai tertarik untuk memanfaatkan framwork PHP yang banyak bertebaran. Ketertarikan ini merupakan keterpaksaan yang harus saya jalankan. Pada awalnya saya hanya membuat program dengan cara biasanya membuat fungsi yang saya butuhkan dan menempelkanya pada halaman html yang ada. Cara ini sangat menyampingkan konsep OOP yang saya anggap itu cara yg membuat saya tambah bingung dan saya anggap bertele-tele.

Dalam saya melakukan coding saya hanya berprinsip asalkan output yang dihasilkan sesuai maka saya sudah cukup puas. Belum lama ini saya dimintakan tolong oleh seorang rekan saya untuk membantunya membuat website perusahaanya yang belum juga kunjung selesai. Dijelaskan oleh pengelola sebelumnya bahwa website yang dibuatnya dibangun berdasarkan framework PHP bernama Codeigniter.
Hmmm....sebenarnya saya sudah sering mendengar kiprah CodeIgniter ini dan bahkan saya sudah pula mencoba untuk mempelajarinya, namun karena kurangnya dorongan untuk lebih giat lagi mempelajarinya maka saya masih juga belum tertarik untuk menggunakanya. Keterpaksaan saya untuk menggunakan CI karena alasan membantu teman saya tersebut membuat saya pada akhirnya berusaha keras utk memahaminya dan kini pada akhirnya saya mulai tertarik berkenalan dengan CodeIgniterr tersebut.

2 komentar:

hananto said...

Beberapa hari yg lalu sy juga baru mengenal nama code igniter, setelah buka websitenya dan lihat tutorialnya di youtube kok malah tambah bingung ya.
Menurut anda kira2 apa kelebihan menggunakan codeigniter utk membangung sebuah wesite dng hanya menggunakan CMS(WP misalnya) yg di costumize?

Thanks :)

Giri Purnama said...

Pengunan framework dalam membangun aplikasi memudahkan dalam pemeliharaan dan pengembanganya. Untuk memahaminya coba anda pahami dulu konsep MCV (Module, Control dan View)