Database Replikasi

02 April 2011

Mungkin anda pernah mengalami masalah seperti saya dimana kita dihadapkan masalah untuk dapat melakukan replikasi database dengan produk database yang berbeda. Pada akhirnya saya telah mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut berdasarkan informasi beberapa teman yaitu dengan menggunakan aplikasi open source bernama symmetricds. Symetrids melakukan replikasi database melalui teknologi web dan dirangcang dapat berjalan pada koneksi bandwith yang rendah. Adapun produk database yang didukung adalah MySQL, Oracle, SQL Server, PostgreSQL, DB2, Firebird, HSQLDB, H2, dan Apache Derby. 


Symmetricds dibangun dengan bahasa java sehingga sebelum menjalankan anda membutuhkan aplikasi java di server yang akan menjalankanya. Untuk menjalankan Symmetricds ini kita hanya cuma mengextrak file zipnya dan mengedit beberapa file configurasi untuk sisi master dan sisi client. Ikuti tutorial yang menyertai aplikasi ini untuk uji coba buat database di satu server yang sama. 

Pengunaan teknologi web memudahkan koneksi client dan server semudah kita browsing, sehingga sisi client dibelakan router tidaklah menjadi masalah melakukan koneksi ke arah master.

0 komentar: